Tuesday, June 4, 2019

(Tips dan Solusi Konfigurasi Router)
Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Ms Excel

A.    Pengertian Microsof Excel 2010
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya, dengan kemampuan dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
B.     Menu dan Fungsi Menu Microsoft Excel 2010
1.      Title Bar


Merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang dikerjakan.
1.      Quick Access Toolbar


Terletak di sisi sebelah kiri atas Ribbon Excel 2010. Tepatnya di atas Tab “File” dan “Home”. Sesuai namanya, Quick Access Toolbar berisi beberapa tombol perintah yang dapat kita akses secara langsung dan mudah, istilahnya tombol-tombol shortcut untuk beberapa perintah yang populer digunakan. Tombol standar yang ada di Quick Access adalah tomboh “Save”, “Undo” dan “Retry”.
2.      Menu File

Save: Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer.
Save As: Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya.
Open: Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office Excel 2010.
Close: Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan.
Info: Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat.
Recent: Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
New: Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office Excel 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
Print: Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan.
Save & Send: Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus.
Help: Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office Excel 2010.
Options: Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office Excel 2010, seperti display, theme, font default dll.
Exit: Untuk keluar dari aplikasi Excel 2010.
3.      Menu Home


Terdiri dari tujuh bagian, diantaranya:
a.      Clipboard
·       Paste: untuk menempelkan hasil copy atau cut.
·       Cut: untuk memotong teks/objek terpilih.
·       Copy: untuk menggandakan teks/objek terpilih.
·       Format Painter: digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
·       Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu group.
b.      Font
·         Font: untuk memilih jenis huruf.
·         Font Size: untuk mengatur ukuran huruf.
·         Increase Font: untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.
·         Decrease Font: untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.
·         Bold: untuk menebalkan teks terpilih.
·         Italic: untuk memiringkan teks terpilih.
·         Underline: untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih.
·         Border: untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
·         Fill Color: untuk mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
·         Font Color: untuk mengatur warna huruf.
c.       Alignment
·       Top Align: untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas sel.
·       Middle Align: untuk menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
·       Bottom Align: untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
·       Orientations: untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.
·       Align Text Left: untuk menjadikan teks rata kiri.
·       Center: untuk menjadikan teks rata tengah.
·       Align Text Right: untuk menjadikan teks rata kanan.
·       Decrease Indent: untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
·       Increase Indent: untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
·       Wrap Text: untuk mengatur distribusi teks.
·       Merge & Center: untuk menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.
d.      Number
·       Number Format: untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam sel.
·       Accounting: untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.
·       Percent Style: untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
·       Comma Style: untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
·       Increase Decimal: untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal.
·       Decrease Decimal: untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal.
e.       Styles
·       Conditional Formatting: untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam sel tersebut.
·       Format as Table: untuk memformat sel sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
·       Cell Styles: untuk memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
f.       Cells
·       Insert: untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data.
·       Detele: untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif..
·       Format: untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih.
g.      Editing
·       AutoSum: untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang telah di tentukan.
·       Fill: untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.
·       Clear: untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
·       Sort and Filter: untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
·       Find and Select: untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.
4.      Menu Insert


Beberapa Group yang terdapat di Menu ini adalah:
a.      Table
·       Tables: untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan menggunakan kriteria tertentu.
·       Pivot Table : tabel khusus yang merangkum informasi dari kolom-kolom tertentu dari sebuah sumber data.
b.      Illustrations
·       Picture: untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
·       Clip Art: untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
·       Shapes: untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
·       SmartArt: untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
·       Screenhot: untuk menyisipkan objek gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
c.       Charts
·         Colomn: untuk memasukkan grafik kolom.
·         Line: untuk memasukkan grafik garis.
·         Pie: untuk memasukkan grafik lingkaran.
·         Bar: untuk memasukkan grafik batang
·         Area: untuk memasukkan grafik area.
·         Scatter: untuk memasukkan grafik distribusi.
·         Other Chat: untuk memasukkan grafik lainnya.
d.      Sparklines
·       Insert Line Sparkline: untuk menyisipkan grafik garis pada satu sel.
·       Insert Colomn Sparkline: untuk menyisipkan kolom pada satu sel
·       Insert Win/Loss Sparkline: untuk menyisipkan daftar kerugian atau keuntungan pada satu sel.
e.       Filter
·        Slicer: untuk memudahkan dalam penyaringan data dalam pivot table.
f.       Links
·        Hyperlink: untuk mengarahkan ke alamat web tujuan.
g.      Text
·       Text Box: untuk memasukkan atau menambahkan kotak teks.
·       Header & Footer: untuk memasukkan atau menambahkan kepala halaman dan kaki halaman.
·       Word Art: untuk menambahkan atau menyisipkan tulisan indah pada dokumen.
·       Signature Line: untuk memberi tanda tangan pada dokumen.
·       Object: untuk memasukkan/menambahkan file lain.
h.      Symbols
·       Equation: untuk menyisipkan rumus matematika otomatis.
·       Symbol: untuk menyisipkan simbol-simbol pada dokumen.
5.      Menu Page Layout
Group perintah yang terdapat di menu ini yaitu: :
a.      Themes
·       Themes: untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
·       Colors: untuk mengatur warna tema halaman.
·       Font: untuk merubah font tampilan.
·       Effects: untuk merubah atau memberi effects tampilan.
b.      Page Setup
·       Margin: untuk memberi lebar batas kertas.
·       Orientation: untuk mengubah posisi kertas, portrait (berdiri) ataupun landscape(tidur).
·       Size: untuk merubah ukuran kertas.
·       Print Area: untuk menentukan luas area yang akan diprint dalam satu halaman.
·       Breaks: untuk memutuskan halaman/mengosongkan halaman bawah, sehingga berada pada halaman berikutnya.
·       Background: untuk memberi background pada lembar kerja juga dapat memberikan foto.
·       Print Titles: untuk menentukan baris yang diprint berulang-ulang.
c.       Scale To Fit
·       Width: untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan lebarnya).
·       Height: untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan tingginya).
·       Scale: untuk menetukan skala lembar kerja pada hasil printout.
d.      Sheet Option
·       Gridlines: untuk menentukan apakah garis pandu pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
·       Heading: untuk menentukan apakah kolom pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.
e.       Arrange
·         Bring Forward: untuk meletakan obyek pada posisi paling depan.
·         Send Backward: untuk meletakan obyek pada posisi paling belakang
·         Selection Pane: untuk menampilkan kotak dialog selection pane.
·         Align: untuk menata align antar obyek.
·         Group: untuk menjadikan beberapa obyek menjadi satu group.
·         Rotate: untuk memutar obyek.
6.      Menu Formulas
Didalamnya terdapat group yang terdiri dari:
a.      Function Library
           ·         Insert Function: untuk memasukkan formula (rumus).
           ·         Auto Sum: untuk mengolah data yang berkaitan dengan angka secara otomatis.
           ·         Recently Used: untuk membuka kembali formula yang baru digunakan.
·         Financial: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan keuangan.
·         Logical: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan logika/analisa.
·         Text: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan text.
·         Date & Time: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan tanggal dan waktu.
·         Lookup & Reference: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan data dan referensi.
·         Math & Trig: berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan ilmu pasti dan trigonometri.
·         More Function: berisi kumpulan formula (rumus) lainnya.
b.      Defined Names
·      Name Manager: untuk mengatur/merubah/memperbaiki sebuah range atau cell.
·       Define Name: untuk memperbaiki/merubah nama sebuah cell atau range.
·       Use In Formula: untuk mengetahui nama sebuah celll atau range yang digunakan dalam formula.
·       Create From Selection: untuk membuat nama sebuah cell atau range yang dipilih.
c.       Formula Auditing
·       Trace Precedence: untuk menampilkan yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
·      Trace Dependents: untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi
·       Remove Arrows: untuk menghilangkan efek anak panah dari trace precendents dan trace dependents.
·       Error Checking: untuk mengecek formula yang error.
·       Evaluate Formula: untuk mengevaluasi formula.
·       Watch Window: untuk menampilkan jendela watch window, yang digunakan untuk memonitor beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja yang berbeda.
d.      Calculation
·       Calculation Options: untuk memilih formula yang akan dikalkulasi atau dihitung.
·       Calculate Now: untuk menghitung atau mengkalkulasi data pada woorkbook yang sedang dikerjakan.
·       Calculate Sheet: untuk menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
7.      Menu Data


Group Perintah yang terdapat dalam Menu Data yaitu :
a.      Get External Data
·       From Acces: untuk mengimport data (database) dari microsoft acces.
·       From Web: untuk mengimport data (database) dari website.
·       From Text: untuk mengimpor data dari data (database) file teks.
·       From Other Sources: untuk mengimpor data (database) dari sumber lain.
·       Existing Connections untuk menyambungkan data dari luar Microsoft Excel yang sedang kita gunakan.
b.      Connections
·       Refresh All: untuk menyegarkan data (update) yang terhubung dengan lembar kerja (workbook).
·       Connections: untuk menampilkan kotak dialog atau data yang sedang terhubung dengan lembar kerja.
·       Properties: untuk mengatur jenis data yang sedang terhubung dengan lembar kerja (workbook).
·       Edit Links: untuk menampilkan semua data yang terhubung dengan workbook serta melakukan editan terhadap data dari sumber tersebut.
c.       Sort & Filter
·       Sort: untuk menampilkan kotak dialog sort, untuk mengurutkan data sesuai dengan keiinginan pengguna.
·       Filter: untuk mengaktifkan filter data berdasarkan pengaturan yang telah di buat pada menu Sort atau sesuai kriteria.
·       Clear: untuk mengaktifkan atau menonaktifkan filter dan sort pada data.
·        Reapply: untuk engaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom cell atau range.
·       Advanced: unutkn mengatur sort atau filter secara lebih detail.
d.      Data Tools
·        Text to Columns: untuk mengubah teks menjadi per kolom.
·        Remove Duplicates: untuk menghapus data dalam baris yang ganda.
·        Data Validation: untuk mencegah data yang tidak valid yang dimasukkan dalam data cell.
·        Consolidate: untuk menggabungkan lebih dari 1 data kedalam 1 cell.
·        What If-Analysis: untk menganalisis atau mencoba
e.       Outline
·       Group: untuk menggabungkan beberapa garis menjadi satu grup.
·       Ungroup: untuk membatalkan beberapa garis yang tidak diinginkan menjadi satu grup.
·       Subtotal: untuk melakukan penghitungan terhadap kategori item yang termasuk dalam group.
8.      Menu Review

                 
Di dalam menu Review terdapat beberapa group yaitu::
a.      Proofing
·         Research: untuk menampilakn kotak dialog kamus/reverensi.
·         Thesaurus: untuk menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih.
b.      Languange
·         Translate: untuk menerjemahkan teks terpilih ke dalam satu bahasa berbeda.
c.       Comments
·         New Comment: untuk membuat dan mengolah komentar.
·         Delete: untuk Menghapus Komen.
·         Previous: untuk melihat koment sebelumnya.
·         Next: untuk melihat komen selanjutnya.
·         Show/Hide Comment: untuk tayangkan atau menyembunyikan komentar.
·         Show All Coment adalah menampilkan semua komentar.
·         Show Ink: untuk menampilkan keterangan tinta pada lembar kerja.
d.      Changes
·       Protect Sheet: untuk mengunci sheet
·       Protect Workbook: untuk mengunci lembar kerja
·       Share Workbook: untuk berbagi lembar kerja.
·       Protect and Share Workbook: untuk mengunci dan berbagi lembar kerja.
·       Allow Users to Edit Ranges: untuk menyetujui pengguna untuk mengedit ranges.
·       Track Changes: untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
9.      Menu View

                  
Menu View terdiri dari:
a.      Woorkbook Views
·       Normal: untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk normal.
·       Page Layout: untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk lembaran kertas.
·       Page Break Preview: untuk menampilkan lembar kerja yang hanya berisi data saja.
·        Custom Views: untuk menampilkan lembar kerja sesuai keperluan kita.
·        Full Screen: untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk maksimal (full).
b.      Shows
·        Ruler: untuk menampilkan dan menyembunyikan penggaris.
·        Formula Bar: untuk menampilkan/menyembunyikan formula bar.
·        Gridlines: untuk menampilkan/menyembunyikan garis bantu.
·        Headings: untuk menampilkan/menyembunyikan kepala kolom dan baris.
c.       Zoom
·        Zoom: untuk mempebesar tampilan.
·        100 %: untuk mengembalikan tampilan pada ukuran 100%.
·        Zoom to Selection: untuk melakukan zoom pada sel yang terpilih.
d.      Window
·      New Window: untuk menampilkan lembar kerja pada jendela lainnya.
·       Arrange All: untuk menampilkan semua lembar kerja pada satu jendela.
·       Freeze Panes: untuk membatasi cell yang diijinkan untuk bergulung.
·       Split: untuk memecah tampilan jendela lembar kerja menjadi beberapa bagian yang dapat diatur besarnya.
·       Hide: untuk menyembunyikan jendela lembar kerja.
·       Unhide: untuk menampilkan kembali jendela lembar kerja.
·       View Side by Side: untuk menampilkan 2 lembar kerja secara berdampingan.
·       Synchronous Scrolling: untuk menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
·       Reset Window Position: untuk mereset posisi jendela dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduannya tampil dengan tampilan yang sama pada layar.
·       Save Workspace: untuk menyimpan semua susunan jendela saat ini sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan kembali dikemudian waktu.
·       Switch Window: untuk berpindah ke jendela excel lainnya yang sedang terbuka.
e.       Macros
·         Macros: untuk merekam atau mengatur video.



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung..

About Me

My photo
Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Ekonomi Syariah '17 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah IAIN BENGKULU

Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Popular Posts